Selasa, 12 Januari 2010

Carnac Stone - Sisa-sisa artefak zaman megalitik

Carnac Stone adalah sebuah situs kumpulan batu-batu yang di perkirakan dibuat pada zaman megaltik yang terletak di desa carnac, selatan brittany mobirhan di barat laut Perancis. Carnac stone merupakan situs megalitik terbesar didunia. Batu tersebut terdiri dari alignment (deretan batu), dolmen, tumuli, dan menhir.


 Alignment (deretan batu)


Batu-batu tersebut jumlahnya lebih dari 3.000 buah. Didirikan oleh orang-orang pre-celtik brittanny. Carnac stone didirikan selama periode Neolitikum yang berlangsung sekitar tahun 4.500 SM sampai 2.000 SM. Sulit untuk menentukan tanggal batu didirikan. Tetapi fase utama situs kegiatan ini biasanya dikaitkan dengan abad 33 SM. Salah satu interpretasi dari situs ini merupakan generasi yang mengunjungi situs untuk mendirikan sebuah batu(menhir) untuk menghormati leluhur mereka.

Carnac stone lebih tua dari pada Stone henge dan piramida mesir.

Tidak ada yang tahu pasti untuk apa dan tujuan apa batu tersebut dibuat. Tapi banyak yang berpendapat bahwa batu tersebut dibuat untuk tujuan religius seperti menghormati arwah nenek moyang mereka. Legenda setempat meng-klaim bahwa batu tersebut adalah Legium Romawi yang dikutuk menjadi batu oleh Merlin.


The Ménec alignments, Carnac Stone yang paling terkenal di antara situs megalitik 



Ada tiga kelompok utama baris batu yaitu, Ménec, Kermario dan Kerlescan yang mungkin pernah membentuk sebuah grup tunggal, tetapi mungkin telah berpisah sebagai batu-batu yang dikeluarkan untuk tujuan lain.


Ménec Alignment


Sebelas Deret konvergen menhir di rentangkan sejauh 1.165 meter (3.820 kaki), dengan 100 meter (330 kaki). Yang dianggap oleh  Alexander Thom sebagai sisa-sisa batu lingkaran di kedua ujungnya. Menurut kantor pariwisata ada "cromlech berisi 71 batu blok" di ujung barat. Batu yang paling besar sekitar 4 meter tingginya.










Kermario Alignment

Terdiri dari 1.029 Menhir yang ditetapkan dalam garis sejajar 1.120 meter panjangnya dan 100 meter lebarnya.




 






Kerlescan Alignment

Sebuah kelompok yang jauh lebih kecil, terdiri dari 555 batu, lebih jauh ke timur dari 2 lokasi lainya. Terdiri dari 13 baris dengan panjang total 800 meter mulau dengan ketinggian 80 centi meter sampai 4 meter. Pada ujung barat, di mana batu tertinggi terletak, ada sebuah lingkaran batu yang memiliki 39 batu. Mungkin juga ada lingkaran batu lain di sebelah utaranya.






Beberapa Artefak lainya


Dolmen
 
Dolmen adalah jenis bilik tunggal makam megalitik, biasanya terdiri dari tiga atau lebih batu-batu tegak yang mendukung dengan bentuk horizontal datar besar pada batu penjurunya.






The Manio quadrilateral arrangement.






Carnac Geant du Manio



Referensi :

Artikel Terkait :

1 komentar:

Anonim mengatakan...

,,,,????

Poskan Komentar

 

Jadikan setiap hal yang terjadi disekitarmu menjadi suatu hal yang menarik untuk di ceritakan